Rekomendasi Objek Wisata Terpopuler di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi di Indonesia dengan Medan sebagai ibu kotanya. Provinsi ini terletak di bagian Utara pulau Sumatera. Sumatera Utara berbatasan dengan Aceh di sebelah Utara dan dengan Sumatera Barat serta Riau di sebelah selatan.

Provinsi yang memiliki wilayah 72.981,23 km2 ini merupakan provinsi dengan jumlah pendudukan Sumatera Utara berjumlah 15.136.522 jiwa, dengan kepadatan penduduk 207,40 jiwa/km2 Secara Astronomis Provinsi ini terletak pada 95° BT - 105° BT (Bujur Timur) dan 6° LU (Lintang Utara) - 6° LS (Lintang Selatan).  

Sumatera Utara pada dasarnya dapat dibagi atas Pesisir Timur, Pegunungn Bukit Barisan, Pesisir Barat, Kepulauan Nias, Kepulauan Batu, Pulau Samosir di Danau Toba. Sumatera Utara kaya akan keanekaragaman budaya, flora, fauna, adat istiadat, dan berbagai tempat wisata. Nah,sobat bloger pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai objek wisata di Sumatra Utara. Apa saja kah itu? Berikut ini lah objek wisata terpopuler di Sumatera Utara

1. Danau Toba


Danau Toba merupakan objek wisata yang sangat populer ditengah tengah masyarakat. Danau alami yang berukuran besar ini berada di Kaldera Gunung Supervukan. Danau Toba memiliki Panjang 100 km, lebar 30 meter dan kedalaman hingga 508 meter.

Keindahan alam yang dimiliki Danau Toba kerap menjadi ikon pariwisata Indonesia. Danau Toba juga telah ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis pada 2 Juli 2020 lalu.

2. Green Hill City/ Hillpark Sibolangit


Green Hill City adalah salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera yang memiliki luas sekitar 20 hektar. Disana kalian akan menemukan berbagai wahana, area bermain, dan hiburan live dalam pengaturan bertema Camelot. Green Hill City terletak di Desa Suka Makmur SIbolangit, Deli Serdang.

3. Taman Nasional Gunung Leuser


Nama dari Taman Nasional ini diambil dari Gunung Leuser yng menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. Taman Nasional Gunung Lueser merupakan salah satu kawasan pelestarian Alam di Indonesia Utara yang memiliki luas 1.094.692 hektre yang berada di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Disana kalian dapat menikmati keindahan alam dengan mendaki gunung.

4. Danau Linting


Danau yang memiliki luas 1 Hektare ini terletak di tiga desa yakni desa Sibunga- Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupten Deliserdang. Danau Linting merupakan objek wisata Sumatera Utara yang memiliki pesoan alam yang indah dan cocok untuk menyepi dari hiruk pikuk pekerjaan, dan kehidupan kota besar. Pepohonan yang mengelilingi Danau Linting memberikan nuansa teduh dan asri.

5. Air Terjun Sipiso-piso


Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 120 meter yng terbentuk dari sungai bawah tanah di Plato Karo yang mengalir melalui sebuah goa di sisi kawah Danau Toba. Kata "Piso" berarti pisau karena air terjun ini bila dilihat dari jauh bentuknya seperti pisau yang kecil dan panjang.

Nah sobat bloger, demikianlah informasi terkait rekomendasi objek wisata terpopuler di Sumatera Utara. Tertarik untuk berkunjung kesana?

Comments

Popular Posts